Jun 22, 2011

Komet Terang Dekati Matahari

foto
Ahli astronomi dari University of Hawaii menemukan komet baru yang sedang bergerak mendekati matahari. Diperkirakan komet ini akan terlihat dengan mata telanjang pada awal 2013.

Komet baru ini ditemukan oleh teleskop Panoramic Survey Telescope & Rapid Response System (Pan-STARRS) di malam yang dingin pada 5-6 Juni 2011. Segera setelah penemuan, astronom segera menyebarkan posisi komet ke seluruh dunia. Adalah Richard Wainscoat bersama mahasiswa bimbingannya, Marco Micheli, yang mengkonfirmasi kebenaran informasi ini menggunakan teleskop Kanada-Prancis-Hawaii di Mauna Kea. Komet baru ini dinamai C/2011 L4 (PANSTARRS).

"Lintasan komet hampir parabola, artinya komet akan mendekati matahari, lalu menjauh pergi selamanya," ujar Wainscoat di laman resmi University of Hawaii.

Perhitungan awal mengindikasikan komet akan melintas sedekat 50 juta kilometer dari matahari pada tahun 2013. Jarak ini hampir setara dengan jarak Planet Merkurius ke matahari. Pada jarak ini, komet dipastikan tidak akan mengancam keselamatan penduduk bumi.

Sembari mendekati matahari, komet akan menguap dan menghasilkan ekor debu dan gas. Ekor di belakang komet ini yang membuat C/2011 L4 (PANSTARRS) tampak sebagai bintang berekor yang terang pada Februari atau Maret 2013.

Dalam beberapa bulan mendatang, ahli astronomi terus mengikuti komet ini menggunakan teleskop besar. Dengan demikian, peneliti bisa mengetahui kandungan komet yang nantinya akan menentukan tingkat kecerlangan komet.

Menurut Wainscoat, komet C/2011 L4 (PANSTARRS) berasal dari awan Oort yang terletak di tepian tata surya. Komet ini bersenggolan dengan obyek lain yang menhuni daerah dingin ini dan terpental ke arah matahari. Tarikan gravitasi matahari membuat komet bergerak semakin cepat ke pusat tata surya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review