Jun 19, 2011

Peneliti Jepang Membuat Burger dari Kotoran Manusia !

foto
Mitsuyuki Ikeda, seorang peneliti dari Laboratorium Okayama, Jepang, melakukan terobosan baru dengan membuat daging burger yang berasal dari kotoran manusia.

Ide ini muncul ketika dia diminta memberikan solusi bagaimana acara mendaur ulang sampah atau limbah kota. Menurut Ikeda, kotoran yang ada dalam sistem pembuangan sampah "dibungkus" dengan protein karena penuh dengan bakteri.

Timnya kemudian mengekstraksi protein tadi supaya berbentuk seperti steak.Untuk menampilkan daging seperti aslinya, Ikeda menambahkan zat pewarna makanan supaya warna daging menjadi merah dan membumbuinya dengan kedelai.

"Kami memberikan unsur tambahan ini supaya menghasilkan daging artifisial," katanya dalam postingan di video YouTube.

Setelah daging buatan itu jadi, Ikeda kemudian mengukur zat yang terkandung di dalamnya. Hasilnya, daging dari bahan kotoran manusia ini terdiri dari 63 persen protein, 25 persen karbohidrat, 3 persen lipid dan, 9 persen mineral.

Tapi, bagaimana cara mempopulerkan daging buatan itu? Bisa dipastikan tidak ada orang yang mau melahap daging yang berasal dari kotoran manusia.

Ikeda kemudian melakukan uji coba kepada sejumlah orang tanpa memberi tahu asal-usul daging artifisial itu. Ikeda mengklaim setiap orang yang memakan daging tersebut mengatakan rasanya lezat seperti daging sapi.

Ikeda mengatakan daging buatan ini adalah makanan ramah lingkungan. Selain karena dibuat dari limbah, dia berpendapat, selama ini peternakan adalah salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca yang cukup besar.

Sayangnya, harga daging kotoran manusia itu masih jauh lebih mahal dibanding daging sapi. Harga itu menjadi konsekuensi dari biaya riset dan berbagai peralatan yang digunakan. Namun, Ikeda mengatakan jika daging buatan itu bisa diproduksi secara massal, harganya bisa jauh lebih murah.

1 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review