May 20, 2011

Orang Gemuk Bisa Kena Denda 450 Ribu

Pemerintahan negara bagian Arizona di AS punya kebijakan radikal terhadap orang gemuk yang malas berdiet. Orang gemuk yang punya tunjangan kesehatan wajib diet kalau tidak akan dikenai denda 50 dolar AS atau Rp 450 ribu.

Pemerintah Arizona punya alasan kenapa orang gemuk yang malas diet akan dikenai denda. Hal ini karena ukuran lingkar pinggang semakin berkembang yang tentu saja akan berpengaruh terhadap peningkatan biaya anggaran yang terkait dengan masalah tersebut.

Peraturan ini diungkapkan oleh para pejabat dari Medicaid Arizona, yaitu suatu program yang menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat miskin di Amerika Serikat.
Pemerintah memaksakan denda tahunan sebesar 50 dolar AS bagi masyarakat yang menerima Medicaid tapi kelebihan berat badan dan tidak mau mengikuti anjuran dokter untuk melakukan diet.

Selain itu perokok dan penderita diabetes yang mengabaikan nasihat medis dari dokter juga harus membayar denda tersebut. Tapi anak-anak dan orang yang kelebihan berat badan akibat kondisi medis tertentu akan dibebaskan dari denda ini.

Minoca Coury selaku asisten direktur program Medicaid Arizona mengungkapkan tujuan dari denda ini adalah untuk mengubah perilaku dengan menggunakan pendekatan. Cara ini juga diharapkan bisa mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi.

“Tidak dapat disangkal bahwa ada hubungan antara obesitas dan meningkatnya biaya kesehatan di Amerika. Kami terus mengeluh tentang meningkatnya biaya perawatan yang tidak terkendali,” ujar Coury, seperti dikutip dari BBCNews, Rabu 18 Mei 2011.

Coury menuturkan bagi masyarakat dengan kelebihan berat badan yang telah berhasil memenuhi target untuk menurunkan berat badannya akan dibuatkan video atau diberikan jenis insentif lainnya.

Pemberlakuan sistem denda ini dikarenakan Arizona memiliki proporsi tertinggi kedua dalam hal penerima Medicaid di AS dan seperempat penghuninya diklasifikasikan sebagai obesitas.

source:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review