May 14, 2011

BBM Tidak Akan Ada Di Handphone Lain Selain Blackberry !

Selama Sesi Tanya Jawab dengan Mike Kirkup dari Research in Motion (RIM) dan sebuah kelompok yang termasuk pengembang dari Foursquare, Polar Mobile, Poynt, Wikitude, dan beberapa orang lainnya dari RIM menceritakan tentang masa depan BBM untuk platform lainnya. Sesi ini sangat menarik bagi para Developer SDK

BBM Tidak Akan Ada Di Handphone Lain Selain Blackberry

Salah satu topik yang benar-benar membuat saya kaget pada sesi tersebut adalah ternyata Blackberry Messenger yang sebelumnya diberitakan akan hadir di Android dan iOS ternyata tidak seperti yang kita bayangkan, RIM menyangkal BBM akan berjalan di flatform selain blackberry. faktanya bahwa infrastruktur yang berjalan di BBM bersifat internal dan jika di implementasikan diluar proyek RIM akan menjadi ide yang sangat buruk.

Saya tidak mengatakan itu tidak akan terjadi tetapi bagi saya jika BBM bisa dijalankan di Perangkat lain maka tidak akan menguntungkan apapun bagi RIM, malah akan berdampak beralihnya pengguna baru / non BBM ke produk kompetitornya. Meskipun ada aplikasi lain yang mengadopsi BBM, tentu saja sulit untuk menggantikan kepopuleran dari BBM itu sendiri seperti PIN (Sama seperti kasus saya ingin berganti handphone tetapi saya merasa sayang dengan PIN yang sudah dikenali teman-teman saya).

Jadi jangan harap Blackberry Messenger akan hadir di device lain, Buat anda yang tidak menggunakan Blackberry bisa beralih ke Whatsapp Milik Nokia, atau menggunakan LiveProfile yang berjalan di beberapa OS handphone.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review