May 14, 2011

Tips Mengusir Bau di Kabin Mobil

foto

Kabin mobil berbau? Tentu akan menjengkelkan. Kabin mobil yang berbau juga menjadikan perjalanan Anda tidak nyaman, bahkan berpotensi mengganggu kesehatan.

Bila bau yang menyengat itu ada di mobil Anda, tak usah buru-buru berpikir akan mengelurakan biaya banyak. “Sebab, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” kata Juliadi, spesialis detailing paruh waktu di Paku Jaya, Serpong, Tangerang, Sabtu, 14 Mei 2011.Ada beberapa macam penyebab munculnya aroma yang tak sedap. Mulai dari kotoran yang menempel pada kisi-kisi peranti pendingin ruangan (AC), karpet dan lantai mobil yang basah atau lembab, remah-remah makanan, hingga beberapa zat kimia yang masuk atau tercecer di kabin mobil.

Lantas apa saja langkah-langkah itu? Bahan-bahan apa saja yang perlu disediakan? Berikut tips dari Sarwani :

1. Keringkan seluruh bagian kabin

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeringkan seluruh area dan bagian kabin. Caranya, buka semua jendela dan pintu – termasuk pintu belakang, bila mobil Anda jenis MPV atau hatchback – mobil Anda.

Setelah itu lepas dan keluarkan semua karpet mobil. Kemudian lakukan pembersihan bagian demi bagian dengan menggunakan kuas cat hingga semua debu atau kotoran yang ada tersapu semua.

“Setelah itu gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan dan menghilangkan kotoran yang tersisa,” kata Juliadi.

Bila Anda tidak mempunyai vacuum cleaner, bisa menggunakan pengering rambut (hair dryer) atau kipas angin kecil. Bila menggunakan kipas atau hairdryer, sebelum mengeringkannya pembersihan bagian kabin dengan menggunakan lap (kanebo) yang lembab agar kotoran terangkat.

Pada saat yang bersamaan, bersihkan kisi-kisi AC dengan menggunakan sikat gigi. Kemudian lap dengan menggunakan lap lembab.

2. Gunakan kopi bubuk, daun pandan, arang kayu atau batok kelapa.

Setelah prosesi pembersihan bagian-bagian dan seluruh area kabin, pastikan bagian dalam mobil itu benar-benar kering. Caranya, dengan membuka semua pintu dan jendela selama 20 – 30 menit.

“Namun, yang perlu diingat cara ini harus Anda lakukan di tempat yang tidak berdebu dan berangin kencang, agar kotoran tidak masuk lagi,” saran Juliadi.

Bila telah benar-benar kering, Anda bisa memilih beberapa benda ini untuk diletakkan di bawah jok mobil guna mengusir bau yang tersisa. Benda-benda itu antara lain, kopi bubuk, daun pandan, daun teh, arang kayu atau batok kelapa.

Taruhlah satu diantara benda itu di kaleng yang terbuka atau wadah lain yang tidak bakal tumpah dan biarkan berada di kabin selama semalam. Satu hal yang juga harus Anda lakukan adalah menyalakan mesin dan mengaktifkan AC selama 30 menit setelah salah satu benda itu ditaruh di bawah jok.

“Itu dimaksudkan agar biang bauh yang ada di AC keluar dan aroma dari benda-benda yang ditaruh itu mentralisirnya,” terang Juliadi.

3. Cuci bersih dan keringkan karpet

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah mencuci semua karpet mobil hingga bersih dan menjemurnya hingga benar-benar kering. Ingat karpet saban hari terinjak-injak oleh alas kaki kita.

Sementara, kita tidak tahu kotoran apa saja yang ada di alas kaki kita. Bahkan ada kemungkinan di alas kaki ada kotoran yang sulit dihilangkan dan berbau menyengat.

Pasalnya, bila karpet tetap kotor dan berbau, maka upaya kita menggunakan beberapa benda untuk menetralisirnya akan sia-sia. Bahkan, yang terjadi justeru akan muncul aroma tak sedap yang tidak karuan.

Bila Anda ingin menggunakan satu diantara benda itu, misalnya kopi, teh arang, atau daun pandan dalam beberapa hari, maka jangan menggunakan parfum dulu. Sebab, justeru akan menimbulkan kontaminasi dan justeru menimbulkan bau tak sedap.

“Sebaiknya menaruh benda itu dua atau tiga hari di kabin mobil,

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review