May 25, 2011

Obama Lupa Kini Tahun Berapa

foto
Tiap orang mungkin bermimpi bisa kembali ke masa lalu untuk sekadar merasakan lagi kenangan indah atau memperbaiki kesalahan. Boleh jadi, ini tecermin dari kealpaan yang dilakukan Presiden Amerika Serikat, Barack Hussein Obama, kemarin, Selasa, 24 Mei 2011.
Di bawah tanda tangannya, Obama menulis lawatannya ke Westminster Abbey di jantung ibu kota London, Inggris, pada 24 Mei 2008. Padahal, istrinya sudah menepuk punggung untuk mengingatkan. Sebelum menorehkan tanda tangan, ia juga sempat bertanya kepada Kepala Gereja Westminster Abbey, Dr. John Hall.Ia salah menulis tahun saat mengisi buku tamu ketika mengunjungi Gereja Westminster Abbey. Padahal, belum genap sebulan gereja itu digunakan oleh pasangan Pangeran William dan Kate Middleton untuk mengucap janji pernikahan. Meskipun tidak diundang, Obama paling tidak mengetahui pernikahan itu dari media.
Jika mundur ke hari itu, Obama sedang bersaing sengit dengan mantan Ibu Negara Amerika Hillary Clinton untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat. Yang terjadi akhirnya sungguh manis buat Obama. Ia berhasil mengalahkan Hillary. Bahkan, ia mampu menciptakan sejarah dengan terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama Amerika pada pemilihan 4 November 2008. Ia menumbangkan pesaingnya dari Partai Republik, John McCain.
Namun, setahun menjelang pemilihan mendatang, popularitasnya menurun lantaran krisis keuangan yang menyebabkan naiknya angka pengangguran. Obama barangkali juga dipusingkan oleh sikap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menolak proposal untuk mengakui wilayah sebelum 1967 dan berdamai dengan Palestina. Padahal, sejak masa kampanye 2008, ia sudah berkoar-koar menciptakan negara Palestina di akhir masa jabatannya.
Seorang juru bicara Westminster Abbey membenarkan Obama sendiri yang menulis tahun yang salah itu dengan tangan kirinya.


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review