Apr 28, 2011

Guru Bocorkan Soal Ujian, Siswa Satu Sekolah Akan Digugurkan??

foto
Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengatakan akan menggugurkan satu sekolah yang mengikuti Ujian Nasional, jika  ditemukan ada  guru atau kepala sekolah yang membocorkan soal. Sementara bagi orang yang membocorkan soal ke luar sekolah akan dikenai tindak pidana.  "Sebagai pembocor rahasia negara," katanya.
Nuh menganalogikan tes yang baru dijalani siswa Sekolah Menengah Atas dan Pertama itu seperti bal-balan alias sepak bola. "Tidak ada pertandingan tanpa pelanggaran," katanya di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis 28 April 2011 malam.
Pengawas ujian bertindak layaknya wasit di lapangan hijau yang mengidentifikasi dan mencatat setiap pelanggaran. Jika perlu, Nuh melanjutkan, mereka juga mengusir pelanggar.

Maka dia meminta semua pihak untuk menahan diri setiap  menemukan pelanggaran di Ujian Nasional. "Tidak mungkin mengulang pertandingan setiap wasit meniup peluit," katanya. Tapi dia menjamin tiap pelanggaran akan dikenai tindakan.Misalnya siswa yang kedapatan melanggar akan dicatat nomor ujiannya, sehingga saat penilaian, nilainya otomatis terhapus. 

Menurutnya, pelanggaran ujian nasional menunjukan tren turun. Tahun lalu jumlahnya 504 kasus dan sekarang 88 kasus. Terdiri atas kebocoran, jual beli soal, pungutan dan lainnya. Selain dari laporan pengawas, kementerian juga membuka pos pengaduan lewat pesan singkat, telepon dan surat elektronik. Sebanyak 2,4 juta siswa SMA mengakhiri ujian nasionalnya pekan lalu, dan 3,7 juta siswa SMP siang tadi.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review