May 10, 2011

Wanita Terpendek di Dunia !

Inilah Jyoti Amge, perempuan paling pendek di dunia. Di usianya yang sudah 15 tahun, tinggi badan Jyoti hanya sekitar 34 cm. Beratnya? Cuma 5 kilogram!

Jyoti bahkan lebih kecil dibandingkan tetangganya, seorang bayi berusia 13 bulan. Remaja India itu merupakan gadis paling kerdil di dunia menurut versi Indian Book of Records.

Jyoti mengalami kondisi kekerdilan yang disebut achondroplasia. Meski begitu, ABG itu sama sekali tidak sedih dengan ukuran tubuhnya yang mini. Jyoti justru bangga karena berkat kondisi tubuhnya dia menjadi terkenal.


"Saya bangga menjadi kecil. Saya suka dengan perhatian yang saya dapat," kata Jyoti.

"Saya sama seperti orang lain. Saya makan seperti kalian, bermimpin seperti kalian. Saya tidak merasa beda," tuturnya.

Jyoti pun pergi sekolah seperti anak-anak normal lainnya. Di sekolahnya di Nagpur, India, Jyoti bertemu teman-teman seusianya. Meski tempat duduknya dibuat berbeda dari siswa lainnya. Jyoti duduk di meja kecil yang dibuat secara khusus.

Menurut ibunya, Ranjana, kondisi putrinya itu normal saat lahir. "Ketika Jyoti lahir, dia kelihatan normal. Kami baru tahu ketika dia berumur lima tahun," kata Ranjana. "Jyoti memang kecil, tapi lucu dan kami sangat menyayanginya," imbuh wanita berusia 45 tahun itu.

Sama seperti ABG lainnya, Jyoti suka mendengar musik pop dan nonton DVD. Dia bahkan berharap akan menjadi aktris Bollywood. Dia baru-baru ini merekam sebuah album bersama penyanyi pop India favoritnya, 
Mika Singh.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review