May 30, 2011

Ada Alien Yang Hidup di Dekat Kita ?


Para astronom telah menemukan sebuah planet yang kaya air di mana kehidupan mungkin ada. Jarak planet itu hanya 20 tahun cahaya di belakang kosmik kita.

Menurut ilmuwan yang dikutip dari mirror.co.uk, Planet yang baru ditemukan ini diduga memiliki atmosfer, lautan, awan dan curah hujan. Para ilmuwan percaya itu sudah cukup hangat dan basah untuk alien hidup.

Planet yang diberi nama Gliese 581d ini memiliki ukuran dua kali lebih besar dari ukuran Bumi. Para ahli telah mengidentifikasi orbit lain yang menjadi tempat mengorbit bintang Gliese ini (salah satu orbit yang paling dekat dengan kita), tapi planet itu konon terlalu dekat dengan matahari atau terlalu jauh untuk dapat mempertahankan hidup.

Planet Gliese 581d ini berada di 'zona Goldilocks', suatu daerah di mana air dapat eksis layaknya benda cair karena tidak terlalu panas atau dingin.

Ilmuwan Inggris, Dr Robin Wordsworth, yang memimpin tim penelitian ini di Paris masih terus mempelajari planet ini. Ia mengatakan bahwa keseimpulan sementara mungkin planet itu berisi kehidupan asing, dan mustahil bagi manusia untuk tinggal di sana. "Kami tahu mereka di luar sana, tetapi tampaknya alien dapat hidup lebih dekat kepada kita dari yang kita duga," ujar Wordsworth.

Seperti yang dituliskan dalam jurnal Astrophysical Letters, Wordsworth menambahkan, "Udara padat dan awan akan terus beradu di permukaan dalam senja merah yang keruh dan abadi. Gravitasi di planet ini juga duakali lipat dari Bumi. "Implikasi yang paling penting dari hasil penemuan ini memungkinkan hal lain, bahwa planet pendukung kehidupan bisa saja ada dan tidak perlu menjadi seperti Bumi," pungkasnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review