Apr 24, 2011

Ditemukan, Fosil Laba-laba Terbesar!


foto


Fosil laba-laba terbesar ditemukan di Mongolia. Fosil laba-laba berumur 165 juta tahun itu memiliki kaki sepanjang 15 sentimeter. Fosil ini ditemukan dalam bentuk yang sempurna sehingga para ilmuwan tidak ragu bahwa inilah fosil laba-laba raksasa dengan jenis kelamin betina. 

Laba-laba ini dikenal dengan nama Nephila jurassica, fosilnya terkubur oleh debu vulkanik. Laba-laba jumbo ini kemungkinan nenek moyang dari laba-laba orb-weavers atau Nephila.

Hewan yang hidup di iklim tropis dan sub-tropis ini mampu memangsa burung atau kelelawar. Mereka menangkap mangsanya dengan menggunakan jaring yang berkilau seperti emas jika terpapar sinar matahari. 

Profesor Paul Selden, palentolog dari Kansas University mengatakan tubuh laba-laba betina ini 6 sentimeter dengan panjang kakinya 15 sentimeter. "Dengan temuan ini kami bisa meneliti evolusi serangga dan laba-laba," kata Selden seperti dikutip dari Livescience. 

Menurut Selden, penemuan fosil laba-laba ini sangat berharga. "Kami memperkirakan pada masa itu banyak sekali serangga yang terbang dengan tubuh yang besar," ujarnya.  Temuan fosil laba-laba raksasa ini dimuat secara detil di jurnal Biology Letters pada 20 April 2011.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review