May 6, 2011

China Bikin Kantor Khusus Sensor Internet !

China dikenal ketat menyensor internet untuk warganya. Agar sensor itu lebih efisien, Chinamendirikan lembaga khusus pengatur sensor internet. Seperti apa?

Kantor Informasi Internet China menggabungkan seluruh badan pengawas internet China dalam satu lembaga. Melalui situs resmi mereka, pemerintah China menyatakan lembaga itu langsung berkoordinasi dan mengawasi manajemen konten situs-situs online.

Lembaga itu juga menangani persetujuan administratif semua bisnis terkait berita online. Kantor ini pada dasarnya juga bertugas sebagai lembaga pusat semua komunikasi online di China.

Seperti dikutip PC World, tanggung jawab lembaga itu antara lain mengimplementasi kebijakan komunikasi internet, promosi konstruksi sistem legal dan memandu lembaga informasi internet di tiap daerah di China.
Kantor Informasi Internet China juga mengatur situs berita dan penerbitan karya online pemerintah. Jika terdapat situs yang dinilai melanggar hukum dan regulasi, lembaga tersebut berwenang menyelidiki dan menghukum pelanggar.

Selain hal tersebut, telekomunikasi juga di bawah kekuasaan lembaga itu. Karenanya, Kantor Informasi Internet China juga mengawasi perusahaan telekomunikasi dalam mengembangkan manajemen pendaftaran nama domain, distribusi alamat IP, pendaftaran situs, dan akses internet.

Terakhir, lembaga ini juga mengawasi ranah hiburan online, termasuk game online, video online, bisnis audio dan industri publikasi online

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review