May 4, 2011

Perokok Wajib Makan Sayur dan Buah !

Apakah anda seorang perokok? Susah berhenti merokok? Ada cara alami untuk menjaga kesehatan bagi yang belum bisa menghilangkan kecanduan rokok. Makan buah dan sayuran tiap hari bisa membuat paru-paru tetap terjaga fungsinya.

Banyak orang tahu bahaya merokok, namun tidak sedikit orang yang tetap berani menghadapi berbagai resiko kesehatan. Ada cara alami yang berupa asupan nutrisi prima agar kesehatan alat-alat pernafasan tetap terjaga.

Sebuah studi yang dilakukan National Institute for Public Health dan The Environment in the Netherlands, menganalisis data lebih dari 450.000 orang dewasa dari 10 negara di Eropa. Hasilnya menunjukan mereka yang makan buah dan sayur setiap hari secara teratur memiliki risiko paling rendah terserang penyakit kanker dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit. 

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, dari American Association for Cancer Research ini mencatat kebiasaan makan dan gaya hidup yang dikaitkan dengan pekerjaan, riwayat kesehatan, pengguna tembakau, dan aktivitas fisik selama 9 tahun. Hasilnya, ditemukan sekitar 1.613 koresponden yang terkena kanker paru akibat kurangnya asupan buah dan sayur.

Dalam penelitiannya para koresponden yang gemar merokok diberikan makan buah dan sayuran segar atau kaleng, tidsk termasuk kentang, kacang – kacangan, biji – bijian dan buah zaitun. Mereka yang banyak makan sayuran hijau dan buah memiliki penurunan hingga 27% terhadap resiko kanker paru.

Menurut seorang ahli Dr. Bas Bueno-de-Mesquita, penemuan ini penting untuk membantu para pecandu rokok mengurangi resiko terkena kanker paru. Selain itu, dengan banyak makan sayur dan buah, bisa mengurangi keinginan untuk merokok. 

Penelitian lain juga menyatakan, bahwa diet nabati bisa dilakukan dengan banyak makan buah dan sayur, karena banyak mengandung senyawa bioaktif yang baik untuk perlindungan dari berbagai kanker, termasuk kolorektal, kanker payudara, lambung, mulut dan kanker kerongkongan. 

Buah dan sayur merupakan makanan yang rendah kalori yang berserat tinggi dan baik untuk tubuh. Makan buah dan sayur, tidak hanya mencegah dari berbagai jenis kanker tapi bisa jadi strategi untuk penurunan berat badan.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review