May 6, 2011

Tips agar Tidur Nyenyak dengan makanan

foto
Tidur sudah menjadi rutinitas seorang manusia. Akibatnya terkadang kita sendiri pun tidak melihatnya sebagai suatu kegiatan yang penting. Padahal dalam kondisi kurang tidur, seseorang menjadi tidak bersemangat, lemas, mengantuk. Bahkan berakibat pada penyakit seperti hipertensi, stres, kanker, juga obesitas.
Ternyata tidur begitu penting bagi manusia dan kesehatannya. Untuk penderita insomnia (sulit tidur), mereka akan melakukan berbagai hal untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Nah, berikut lima jenis makanan yang bisa membuat tidur Anda lebih baik. 
 
Keju
Pilihlah keju yang lembut. Makanan ini mengandung sumber protein yang sempurna dan asam amino triptofan yang mampu membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Protein Kasein yang ada pada keju lembut akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot beberapa jam setelah Anda konsumsi. Konsumsi keju lembut dengan satu sendok mentega almond alami. Ini akan membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik.
 
Oatmeal
Kebanyakan orang mengonsumsi makanan ini saat sarapan pagi. Akibatnya jarang yang melihatnya sebagai panganan untuk malam hari. Padahal kandungan Serotonin yang ada pada oatmeal memberikan efek tenang dan mampu mengurangi stress. Sebelum Anda tidur makan oatmeal dicampur dengan irisan apel, kemudian tambahkan kayu manis dan susu kental. Pasti  tidur Anda akan lebih baik.
 
Lihat gambar ukuran penuh
Kacang atau Selai Kacang
Makanan lain yang bisa dikonsumsi adalah kacang tanah atau selai kacang alami. Kacang merupakan sumber makanan yang kaya akan Niacin, nutrisi yang mampu melepaskan Serotonin dari tubuh. Namun Anda harus tetap konsumsi makanan ini dalam kadar yang normal. Karena kacang memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Dengan kadar yang wajar, kacang pun bisa menjadi menu untuk diet.
 

Susu hangat
Yang diketahui kebanyakan orang adalah minuman hangat membuat perasaan lebih tenang. Untuk susu sendiri, bukan hangat yang memberikan efek tenang tersebut, melainkan kandungan asam amino triptofan yang ada pada susu. Selain itu susu juga mengandung kalsium yang baik. Kalsium membantu manusia mengatur produksi melatonin, zat yang secara alami mengatur siklus bangun-tidur manusia.
Minum susu hangat dengan satu sendok madu, ini akan membantu ada merasa tenang juga mengurangi stress.
 
Anggur
Buah ini memiliki kandungan hormon melatonin yang membantu Anda tidur. Dengan mengonsumsi anggur secara teratur dapat membantu Anda mengatur siklus bangun dan tidur secara alami. Buah ini pun membuat Anda terlelap lebih cepat setiap malamnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review